Ingin Rumah Anda Terlihat Makin Cantik? Lengkapi Dengan 5 Kerajinan Dari Bambu yang Unik Ini

Bayangkan pada suatu hari ada tamu berkunjung ke rumah Anda. Tamu tersebut kemudian terkesima dengan barang-barang yang ada di rumah Anda. Tapi bukan karena barang-barang yang ada di rumah Anda mewah dan mahal. Bukan karena barang-barang di rumah Anda didatangkan dari negeri nun jauh di sana. Tamu tersebut terkesima karena oleh sebab lain, yakni di rumah Anda terdapat banyak sekali kerajinan dari bambu yang unik dan menarik.

Lampu Dinding Tempel
Ilustrasi

Tamu tersebut kemudian tak henti-hentinya memuji Anda selaku pemilik rumah. Memuji perilaku Anda karena lebih memilih kerajinan dari bambu untuk melengkapi rumah Anda. Memuji perilaku Anda yang, dapat dikatakan, ramah lingkungan. Karenanya, tamu tersebut jadi ingin meniru gaya hidup Anda dengan ikut menjadi pengguna produk-produk kerajinan dari bambu yang mudah dibuat dan sederhana. Tentu, sebagai tuan rumah, Anda pun jadi merasa tersanjung. Anda menginspirasi orang lain.

****

Melengkapi perabotan rumah tangga yang bahannya terbuat dari bambu mungkin bukan pilihan populer. Di zaman serba besi dan plastik ini, bambu agaknya sudah dipandang sebagai sesuatu yang ketinggalaan zaman. Orang banyak yang lebih memilih perabot berbahan plastik, alumunium, stainlees, dan besi.

Sementara perabot berbahan bambu, secara perlahan mulai ditinggalkan. Padahal, bambu menjadi bagian dari sejarah kita. Nenek moyang kita pada zaman dahulu, telah menerapkan gaya hidup keren ini. Perabotan rumah tangga mereka kebanyakan berbahan bambu. Sebut saja misalnya, wadah nasi (ceting), bakul, tampah, rinjing, centong, cikrak, para, obrok, solet, rak, kalo, kursi, amben, dan masih banyak lagi. Orang-orang yang mulai meninggalkan bambu ini kebanyakan justru yang dulu pernah mempergunakannya.

Tapi meski begitu, bambu tidak pernah benar-benar ditinggalkan. Ada sebagian orang yang tetap ingin mengisi rumahnya dengan perkakas berbahan bambu (kerajinan bambu). Kerajinan bambu, kini justru mendapatkan tempatnya tersendiri dan karenanya hal itu membuatnya justru bernilai jual tinggi. Kerajinan dari bambu bukan lagi sebagai barang umum, melainkan barang yang eksklusif dan unik. Dan yang memilikinya pun akan mendapatkan prestise tersendiri di mata orang-orang yang sudah terpapar plastik, besi, alumunium, dan stainlees.

Ada banyak sekali kerajinan bambu yang dapat Anda pilih untuk mempercantik rumah Anda. Pada artikel kali ini, kami mencoba memberikan rekomendasi produk kerajinan bambu unik yang akan membuat tampilan rumah Anda makin cantik dan ciamik. 

Apa sajakah itu? Yuk, baca artikel ini sampai selesai ya..

1. Kap Lampu Gantung 

Rumah Anda akan makin terlihat cantik dengan lampu gantung bambu ini. Dengan kerajinan dari bambu kecil berbentuk kap lampu gantung ini, cahaya yang dihasilkan oleh lampu akan terhalang dan menjadikan suasana makin terlihat remang, penuh dengan kesan romantik. 

Kap Lampu Gantung
Sumber: Beringharjo Online

Pemasangan kap lampu gantung dari bambu ini pun terbilang mudah. Anda hanya tinggal menggantung di tempat yang tepat, bisa di ruang tamu atau teras rumah maupun taman. Saran dari kami, pilihlah bohlam lampu kuning, agar cahaya yang dihasilkan makin terlihat epik.

Selain dapat diaplikasikan untuk rumah, kap lampu gantung ini juga dapat diaplikasikan untuk taman kota, restoran, rumah makan, kafe, atau bahkan perusahaan swasta dan instansi pemerintahan.

Jika dipakai untuk restoran/rumah makan/kafe, kap lampu gantung ini akan menambah suasana romantik. 

Jika dipakai untuk kantor perusahaan swasta, ini akan membuat suasana di kantor jadi tambah menyenangkan. Karyawan pun akan jadi lebih produktif, karena tempat bekerjanya begitu nyaman. 
Baca juga: 7 Inspirasi Lampu Dinding Dari Bambu untuk Mempercantik Ruanganmu

Dan jika dipakai untuk kantor pemerintahan, ini sungguh menunjukkan keberpihakan pemerintah terhadap produk-produk kerajinan bambu yang dibuat oleh pengrajin kecil.

2. Gantungan Kain Batik/Jilbab

Anda pengoleksi kain batik? Atau Anda memiliki banyak sekali koleksi jilbab?

Sumber: Beringharjo Online

Kain-kain semacam itu tentu akan merepotkan jika harus dilipat. Maka dari itulah, agar kerja Anda jadi lebih efisien, Anda membutuhkan gantungan kain batik/jilbab. Ini akan mempermudah Anda dalam menaruh kain atau jilbab tanpa harus melipatnya. Jilbab/kain pun tidak kusut karena diletakkan dengan cara digantung.

3. Partisi Ruangan Dari Bambu

Partisi ruangan dapat Anda pilih untuk mempercantik ruang tamu atau ruang keluarga Anda. Partisi ini secara fungsi dapat menjadikan ruangan Anda jadi terlihat rapi. Secara estetika, dapat menjadikan ruangan Anda jadi terlihat keren. 

Sketsel
Sumber gambar: Beringharjo Online

Selain dapat ditaruh di ruang tamu, partisi dari bambu ini dapat Anda letakkan di ruang tengah atau ruang makan. 
Baca juga: Cara Mudah Membuat Kerajinan Dari Bambu Berbentuk Lampu Meja
Partisi ini juga dapat Anda aplikasikan untuk kantor Anda, sehingga nuansa tempat bekerja Anda dapat menjadi lebih adem dan artsy. 

4. Gantungan Topi/Dasi

Anda memiliki koleksi dasi atau topi yang cukup banyak? 

Gantungan topi/dasi dari bambu ini harus Anda miliki juga. 

Dengan gantungan dari bambu ini, koleksi topi/dasi Anda jadi terlihat keren karena diletakkan di tempat yang juga keren. 

Cantelan Dasi
Sumber: Beringharjo Online

Bahkan jika Anda meletakkan gantungan dasi/topi ini di ruang tamu sekalipun, ia akan tetap terlihat keren dan malah mengundang mata untuk menatap. Karena gantungan dasi/topi ini selain memiliki fungsi sebagai alat cantolan, juga memiliki fungsi seni yang unik untuk pemiliknya. 

5. Rak Lipat 

Memiliki rak dari plastik. Stainless, dan besi, sudah biasa. Akan berbeda jika Anda memiliki rak lipat dari bambu yang di atasnya dapat Anda gunakan untuk mengantung barang lain seperti baju. Kaus, atau jilbab. 

Kerajinan Bambu Rak
Sumber: Beringharjo Online

Dengan rak lipat ini, rumah Anda akan terlihat makin menarik dan mengundang perhatian bagi siapa pun. 

Bagaimana? Sudah memutuskan akan memilih barang yang mana? 

Anda bisa mendapatkan barang-barang unik tersebut hanya di Beringharjo Online. 

Barang-barang di Beringharjo Online yang sudah memiliki reputasi sangat baik di mata pelanggannya ini menyediakan barang-barang unik dan berkualitas yang dibikin langsung oleh pengrajin lokal Jogja. Sehingga dengan membeli barang-barang kerajinan dari bambu di toko ini, berarti Anda juga telah turut mengangkat dan memberdayakan UMKM lokal Jogja dan membuat mereka dapat terus eksis di tengah gempuran produk-produk platik dan besi impor dari berbagai negara. 

Tunggu apa lagi? 

Segera jadilah orang yang ikut memberdayakan UMKM lokal Indonesia. 

Segera jadilah orang yang tetap mencintai produk-produk kerajinan nan ramah lingkungan dan artsy.

Baca juga: 7 Kerajinan Dari Bambu yang Mudah Dibuat. Dijamin Jadi! 

2 komentar

avatar

wah bagus juga ya, cuma daya tahannya lama gak ya

avatar

Iya Bu Tira. Awet kok Bu, nggak kalah sama perabot besi/plastik/logam

Click to comment