6 Keunggulan Sedotan Bambu Dibanding Sedotan Plastik


Isu pelestarian lingkungan akhir-akhir ini semakin mendapatkan perhatian masyarakat Indonesia. Tingginya respon atas beredarnya foto-foto dan video yang menunjukkan betapa banyaknya sampah plastik di lautan kita beberapa waktu lalu, bisa kita jadikan indikasi bahwa kesadaran lingkungan kita masih memprihatinkan sekaligus masih memiliki harapan.

Kehidupan keseharian kita saat ini memang masih belum dapat terlepas dari plastik. Ada banyak sekali barang-barang plastik yang mengelilingi kita. Sehingga upaya meminimalisasi penggunaan plastik memang masih membutuhkan waktu yang panjang.

Akan tetapi, perlu diketahui pula bahwa tidak semua barang berbahan plastik harus dihindari. Karena bukan di sana poinnya. Poin sebenarnya ada pada penggunaan barang berbahan plastik tersebut, sekali pakai atau dapat dipakai berkali-kali. 

Barang berbahan plastik yang dapat dipakai berkali-kali misalnya piring plastik, wadah nasi, gelas plastik, dan lain sebagainya. 

Sedangkan barang-barang seperti kantong plastik dan sedotan plastik, biasanya hanya untuk sekali pakai. Barang-barang seperti inilah yang harus dihindari, atau digantikan dengan barang dari bahan lain yang lebih ramah lingkungan.

Kita tentu ingat beberapa waktu lalu beredar video seekor penyu yang di hidungnya tertancap sedotan plastik. Video tersebut menunjukkan kepada kita betapa mengerikannya dampak dari penggunaan sedotan plastik, yang ternyata tidak main-main. Ini lantaran sedotan plastik tidak gampang terurai. Memerlukan waktu hingga ratusan tahun untuk sebuah sedotan plastik dapat hancur. 

Karena itulah, sedotan bambu dapat menjadi solusi atas permasalahan ini. Penggunaan sedotan bambu harus mulai dilakukan guna menggantikan penggunaan sedotan plastik yang tak ramah lingkungan itu. 

Ada banyak sekali keunggulan dari penggunaan sedotan bambu, di antaranya sebagai berikut: 

1. Harga Sedotan Bambu Lebih Murah

Dari segi harga, sedotan bambu lebih murah dibandingkan dengan sedotan plastik. Dikatakan murah karena sedotan bambu ini hanya perlu sekali beli. Tidak seperti sedotan plastik yang harus dibeli berkali-kali. Kita bisa membeli sedotan bambu secara ecer atau grosir di toko-toko online yang terpercaya. 

2. Sedotan Bambu Lebih Ramah Lingkungan

Penggunaan sedotan bambu tentu selain lebih murah juga lebih ramah lingkungan. Bambu sangat mudah diperbarui serta gampang diurai. 

3. Sedotan Bambu Lebih Estetik

Sedotan bambu juga akan memberikan kesan estetik bagi kita. 

4. Sedotan Bambu Memberikan Kesan Lebih Segar

Konon, sedotan bambu juga dapat memberikan nuansa lebih segar ketika dipakai untuk minum. Entah nyatanya benar atau tidak, tapi sepertinya ini cukup subjektif. 

5. Lebih Memberdayakan Petani dan Pengusaha Kecil

Dengan menggunakan sedotan bambu, artinya kita juga turut andil dalam memberdayakan petani. Ini lantaran merekalah yang selama ini bersetia hati menanam dan merawat bambu-bambu untuk kita. Selain memberdayakan petani, tentu juga memberdayakan pengrajin atau produsen sedotan bambu.

6. Sedotan Bambu Lebih Awet

Sedotan bambu tentu lebih awet jika dibandingkan dengan sedotan plastik. Sedotan bambu dapat dipakai beribu-ribu kali. Tidak seperti sedotan plastik yang hanya dapat dipakai sekali saja. 


Click to comment